Fujitsu Ciptakan Super Komputer 12 Petabyte


Kini Perushaan Jepan, Fujitsu telah meluncurkan komputer super canggih, dengan kelebihannya yang mampu menyimpan data 12 Petabyte.

Komputer ini khusus di rancang untuk keperluan pengembangan penelitian Australian National University (ANU), dan di fasilitasi oleh National Computational Infrastructure (NCI).

"Komputer super ini akan menjadi salah satu komputer tercepat dan terbesar sedunia" kata Kepala Ekeskutif Perusahaan (COO) Fujitsu Australia dan New Zealand, Mike Foster dalam siaran persnya, Senin (25/6).

Komputer ini memiliki kemampuan super canggih, yakni perangkat yang berteknologi klaster X86. Selain itu, komputer ini juga memiliki 50 rak yang berisi node komputasi 3.592 Primergy CX250.

Fujitsu juga mengklaim komputer ini memilik prosesor yang setara dengan kekuatan 56.000 komputer biasa.

Vice-Chancellor ANU Profesor Ian Young juga menegaskan bahwa komputer ini akan memenuhi semua kebutuhan penelitian Australia ke jenjang baru seperti permodelan cuaca dan iklim, relasi komputasi, partikel fisika, astronomi, ilmu pengetahuan yang bersifat material, mikrobiologi, nanoteknologi dan fotonik.

Semua fitur yang ditawarkan sangat menggiurkan, bagaimana tidak, hampir semua fitur yang dirancang sesempurna mungkin agar dapat membawa Australia menghadapi berbagai tantangan Nasional.
 
Salam : Kesain Rumah Derpih
Share:


Recent Posts

Arsip Blog