Rencana Pembuatan Teleskop Pemburu Asteroid



Asteroid mengancam bumi? Ternyata bumi kita ini dalam keadaan waspada. Bagaimana tidak, benda-benda asing luar angkasa siap jatuh dan mendarat di bumi dengan kecepatan kilat. Tentu saja dampak yang dihasilkan pasti sangat merugikan bumi dan kita sebagai penghuninya.

Nah, apa yang harus kita lakukan untuk mencegah hal tersebut terjadi?

Baru-baru ini Ilmuan dan Astronot bekas pendiri National Aeronautics and Space Administration (NASA) mendiskusikan untuk membuat sebuah proyek besar yakni menciptakan Teleskop Pemburu Asteroid.

Proyek tersebut diberi nama Proyek Sentinel. Proyek tersebut telah diresmikan oleh B612 Foundation (28/06/2012). B612 Foundation merupakan sebuah grup non profit yang terdiri dari ilmuwan dan peneliti yang telah lama meneliti dan mempelajari asteroid dan batuan luar angkasa lainnya.

Proyek tersebut akan mengembangkan teleskop pengamat yang akan ditempatkan di orbit mengelilingi Matahari. Tujuannya adalah untuk mempuat peta dinamis yang komprehensif dari tata surya kita. Peta tersebut akan memberikan informasi tentang asteroid yang mengorbit Bumi sehinggi dapat diketahui asteroid apa saja yang mengancam Bumi.

"Alasan kami melakukan hal ini karena kita bisa. Organisasi swasta sekarang dapat menjalankan proyek yang menakjubkan yang sebelumnya hanya dapat dilakukan oleh pemerintah," ungkap Ed Lu, Ketua dan CEO B216 yang sekaligus merupakan mantan astronot NASA yang pernah terbang dengan roket Soyuz serta tinggal di ISS, seperti yang di kutip dari space.com.

" Bukan sesuatu yang gila jika kita memikirkan teleskop besar yang didanai oleh swasta. Bahkan ada teleskop di Bumi yang telah didanai swasta. Bedanya adalah teleskop ini bukan berada di Bumi, tapi mengorbit Matahari," tambahnya.

Beberapa perusahaan pendukungpun telah memberikan proposal penawaran untuk pembuatan teleskop tersebut. Salah satunya perusahaan Ball Aerospace. Perusahaan ini berpusat di Colordo, dan sebelumnya perusahaan ini telah dipercaya oleh NASA untuk membuat komponen misi Kempler dan Teleskop Inframerah Spitzer.

Tentunya pembuatan Teleskop ini sangat memakan waktu dan biaya yang sangat mahal hingga ratusan USD.

Namun demi Bumi yang kita tempati hal tersebut sangatlah penting untuk dilaksanakan. Mengingat bahwa hidup sangatlah berharga.
 
Salam : Kesain Rumah Derpih
Share:


Recent Posts

Arsip Blog